Monday, July 25, 2022

BUNGA ASOKA

Bunga ini disukai sama kupu-kupu, ternyata mereka pingin juga ikut menikmati keindahan n sarinya. Setiap aku melihat bunga asoka kupu-kupu pasti ada di sekitarnya. karena bunga asoka terdapat cairan bunga yang bercampur dengan nektar dan menghasilkan rasa manis seperti madu. 
Aku punya yang berwarna merah, pink, n putih cantik banget... Sebenarnya ada banyak warna lainya, diantaranya berwarna kuning, orange, cokelat, jingga, hingga ungu. 
 Adapun klasifikasi ilmiah flora asoka ini yaitu : Kerajaan: Plantae, Divisi : Magnoliophyta, Kelas : Magnoliopsida, Ordo : Fabales, Famili : Fabaceae, Subfamili : Caesalpinioideae, Bangsa : Detarieae, Genus : Saraca, Species : S. asoca 
 Bunga asoka juga di kenal erat dalam mitologi agama hindu dan budha, nama asoka yang berasal dari bahasa sansekerta artinya tanpa duka. Dalam agama budha di percaya tokohnya ;ahir di bawah pohon asoka. 
Di Indonesia, sebagai negara tropis, banyak di temukan bunga asoka ini, tanaman hias ini banyak kita temukan di area rumah, sebagai tanaman hias, karena bisa mempercantik halaman. dan menjadi agrobisnis buat pencinta tanaman hias. 
Ciri ciri fisik yang bisa kita lihat pada bunganya yaitu, bergerombol, kecil kecil, karena bunga asoka termasuk bunga majemuk, benang sarinya berjumlah 4, kepala sarinya terletak di bagian mahkota bunga, daun tanaman asoka ini berbentuk lonjong dengan bagiah ujung meruncing, akarnya merupakan jenis akar tunggang yang tumbuh menjalar ke bawah, jadi kalo medianya pot, kita bisa lihat menjalar hingga membentuk medianya itu, pohon asoka bisa tumbuh hingga ketinggian 7 meter 
Tanaman hias ini termasuk tanaman yang cukup bandel, tahan terhadap serangan penyakit. Tapi kadang serangan terjadi karena kutu dan serangga lainya, apabila ini terjadi pada tanaman asoka kita, kita bisa menyemprotnya dengan insecttisida atau dengan tumbuhan organik yaitu bawang putih, bisa juga dengan sunlight. 
Untuk menanam bunga asoka baru yang kita perlukan : 
 1. Bibit 
 2. Pot 
 3. Media tanam 
 4. pupuk 
Untuk pot, kita bisa gunakan sesuai selera. tanaman asoka kita pindah ke pot, dan kasih media tanam. untuk media tanam banyak juga yang di jual dalam kemasan, contohnya media tanam pak tani, ataupun media tanam trubus. 
Dan untuk pupuk organiknya kita juga bisa membelinya di toko terdekat, atau online, biasanya aku menggunakan pupuk organik generative, pengaplikasiannya pada media tanam air 1 liter di tambah 60 ml pupuk organik tadi, selanjutnya kita aduk dan siramkan ke akar. kita bisa menyiram pupuk ini 4 hari sekali saja. 
Budi daya bunga asoka bisa di lakukan dengan sistem cangkok atau dengan biji langsung, perawatannya juga tidak terlalu rumit karena bunga ini bunga yang bandel jadi bisa di rawat siapapun. Ternyata bunga asoka ini juga manfaat untuk tubuh kita antara lain sebagai anti oksidan, mengatasi menstruasi yang tidak teratur, obat luka memar, obat kaki yang kram, obat disentri, dan mencerahkan kulit.

ANGGREK

Bunga anggrek diatas bernama d hybrid ungu bintang, doritaenopsis pulcherina, aphyllum. Bunganya indah banget, dan rasanya anggrekku yang sa...